News

MAN 4 Sleman Gelar Rakor Evaluasi Try Out UTBK

Sleman (MAN 4 Sleman) – Animo melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII MAN 4 Sleman Tahun Ajaran 2022/2023 meningkat pesat dibanding tahun lalu. Berdasar angket rencana pasca kelulusan, 99% dari 123 siswa, memilih melanjutkan studi dari pada berkarier.  Untuk itu, para siswa diupayakan untuk bisa masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) maupun PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). Meskipun jalur penerimaan melalui tes berubah nama dari SBMPTN menjadi SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), namun secara teknis pelaksanaan masih menggunakan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

MAN 4 Sleman menggandeng Lembaga Pendidikan Quipper dalam hal penyedia konten serta materi bimbingan dan Try out (TO) UTBK. Bimbingan terbagi dalam kelas Saintek dan Soshum.  Sedangkan untuk TO disediakan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi. Hasil dari TO kedua tes tersebut kemudian di evaluasi pada hari Selasa (10/01/2023).

Rapat Koordinasi (Rakor) yang dihadiri oleh seluruh guru pembimbing UTBK tersebut dipimpin langsung oleh wakil kepala urusan akademik, Triyono, S.Pd. Pada kesempatan tersebut, Triyono mengharapkan agar guru menyampaikan materi ajar yang selaras dengan soal-soal UTBK.  “Sesuaikan materi dengan bacaan atau topik yang sering muncul dalam soal UTBK,” pinta Triyono. Selain itu disampikan pula perlunya meningkatkan literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Program literasi lebih diperdalam lagi agar siswa terbiasa membaca, dengan demikian literasi dapat meningkat.

Sementara itu, tim dari Quipper, Fianti Putri Ningrum, menyampaikan evaluasi hasil Try out. “Berdasarkan hasil try out, muncul rekomendasi materi/topik dari yang paling lemah dikuasai oleh siswa pada masing-masing kelas, baik Soshum maupun Saintek,” ujar Fianti. “Rekomendasi ini dapat membantu guru dalam melakukan bimbingan. Harapannya, kelemahan siswa pada materi/topik tertentu dapat tertangani dengan baik, sehingga pada TO yang akan datang, hasilnya akan lebih maksimal,” terangnya. (Tutut)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button