News

MAN 4 Sleman Terima Studi Banding KKM2 MTs. & MA. Guluk-Guluk

Menjalin Silaturahim dan Kerjasama

Sleman (MAN 4 Sleman) – Setiap madrasah harus memiliki kekhasan sebagai icon di masyarakat.  Memiliki program unggulan serta kerja sama dengan berbagai lembaga juga salah satu langkah efektif mewujudkan madrasah berprestasi dan diminati.  Demikian juga kesiapan fasilitas seperti ruang belajar yang nyaman dan asri akan mengundang masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di madrasah.   “Kami punya program unggulan sebagai madrasah ketrampilan DKV dan APHP serta sebagai madrasah riset.  GPembangunan Gedung harus terkonsep dan jangan asal-asalan, harus dengan pengelolaan dan penyiapan serius.   Promosi madrasah harus optimal dan massive sepanjang tahun,” jelas Mohamad Yusuf,S.Ag.,M.Pd kepala MAN 4 Sleman saat menerima kunjungan dari KKM2 MTs. & MA. Guluk-Guluk Selasa (11/1/2022) di aula 2 MAN 4 Sleman.

Subaidai,S.Ag ketua KKM2 MTs. & MA. Guluk-Guluk didampingi 18 (delapan belas) kepala madrasah menegaskan bahwa kunjungan studi banding ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait pengelolaan madrasah.  Informasi yang mereka peroleh akan diterapkan maupun dimodifikasi dalam pengelolaan madrasah di Madura, tegas Zubaidai.  Dalam studi banding tersebut juga dilaksanakan dialog penuh kekeluargaan mengenai pengelolaan madrasah, berbagai permasalahan yang dihadapi serta strategi penyelesaian.   Sementara Coach Rachiem,MA konsultan MAN 4 Sleman menegaskan pentingnya setiap madrasah membangun brand image.   Selain itu, penting pula pemetaan atau mapping potensi siswa.  “Setiap anak memiliki potensi berbeda dan masing-masing harus dikembangkan.  Kami fokus pada pemetakan potensi-potensi siswa melalui program mappingqu.  Karena tiap anak harus berkembang sesuai potensi dan passion-nya, maka pemetakan potensi diri sangat diperlukan,” jelas Rachim di depan para guru MTs dan MA Guluk-guluk Madura.

Selesai dialog dilanjutkan dengan melihat-lihat pameran hasil karya siswa MAN 4 Sleman.  Beberapa tamu mendapatkan penjelasan dari Pranggiyoma Aulia Berlando ketua panitia perihal barang-barang yang dipamerkan.  Para tamu bahkan sempat memborong makanan dan minuman yang dipamerkan.  Nasir,S.Pd.I sekretaris KKM2 MTs. & MA. Guluk-Guluk merasa terkesan serta turut memborong beberapa makanan dan minuman karya siswa MAN 4 Sleman.  Ia berharap studi banding ini ditindaklanjuti untuk tahun-tahun mendatang, pungkasnya sebelum meninggalkan madrasah. (eds)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button