News

Pengajian MAN 4 Sleman oleh Komite Madrasah: Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Karakter Siswa

Sleman (MAN 4 Sleman) –Komite Madrasah MAN 4 Sleman menyelenggarakan pengajian dan penyampaian program madrasah Tahun Ajaran 2024/2025, Ahad (07/07/2024), di Aula Lantai 1 Masjid Madrasah. Acara ini bertujuan untuk menguatkan sinergi antara madrasah, siswa, dan orang tua wali siswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan serta menyiapkan generasi yang berakhlakul karimah.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala MAN 4 Sleman, Drs. Ahmad Arif Makruf, MA., M.Si., beserta jajaran guru dan pegawai, serta Komite Madrasah yang diwakili oleh H. Tuyahmin, S.Ag., dan Asmaji, turut dihadiri oleh seluruh orang tua wali siswa kelas XI dan XII. Acara ini dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an, Surah Al-Mujadilah ayat 11 hingga 21, yang dibacakan oleh Ananda Ahmad Dzulfikar dari Kelas XI A.

Dalam sambutannya, Drs. Ahmad Arif Makruf, MA., M.Si., menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran para orang tua wali siswa. Ia menekankan pentingnya penguatan karakter dan akhlakul karimah dalam menghadapi perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan.

“Maka, madrasah ini senantiasa berupaya untuk menguatkan mental, karakter, dan akhlakul karimah peserta didik melalui pembiasaan-pembiasaan yang baik, salah satunya adalah pembiasaan sholat berjamaah,” ujar Arif.

Ia juga menyoroti pentingnya peran masjid dalam penguatan karakter dan akhlakul karimah. “Masjid menjadi pusat penguatan keagamaan,” tambahnya.

Arif juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pembangunan masjid yang saat ini sedang berjalan. Menurutnya, masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga pusat kegiatan keagamaan yang vital untuk pembentukan karakter generasi muda. “Apalah gunanya anak-anak kita pintar, tetapi tidak mempunyai karakter dan berakhlakul karimah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Komite Madrasah, H. Tuyahmin, S.Ag., menyampaikan pengajian tentang hikmah pergantian tahun hijriah dan menyampaikan program MAN 4 Sleman untuk Tahun Ajaran 2024/2025. Ia menekankan pentingnya bulan Muharram sebagai momentum untuk meningkatkan ibadah, menjauhi dosa, dan memperbanyak amal kebaikan.

“Bulan Muharram adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki diri, mendekatkan diri kepada Allah, dan memperbanyak ibadah yang dianjurkan dalam syariah,” ungkapnya.

Acara ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara madrasah, siswa, dan orang tua wali siswa, serta bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan di MAN 4 Sleman. Dengan sinergi yang kuat, diharapkan madrasah dapat melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlakul karimah.(dzl)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Back to top button