News

Persiapkan Akreditasi, Guru MAN 4 Sleman Belajar Membuat RPP IASP

Sleman (MAN 4 Sleman) – Kegiatan MERAPI (Menyapa Rabu Pagi) yang rutin diadakan setiap hari Rabu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan pegawai di MAN 4 Sleman. Seperti halnya pada hari Rabu (18/01/2023), bertempat di Aula 2, MAN 4 Sleman mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Kegiatan workshop ini rencananya diselenggarakan 2 hari yang dilaksanakan setiap kegiatan Merapi. Sebagai narasumber, untuk kesekian kalinya madrasah mengundang Dra. Hj. Ida Uswatun Hasanah, M.Pd. selaku Pengawas Madrasah.

Kegiatan Merapi diawali dengan sambutan Kepala Madrasah, Mohamad Yusuf, S.Ag., M.Pd. Yusuf memberikan motivasi kepada para guru agar aktif mengikuti workshop sebagai persiapan akreditasi. Selain motivasi, Kepala Madrasah juga menyampaikan beberapa informasi terkait kegiatan siswa. “MAN 4 Sleman sekarang ini bekerjasama dengan Nazma Office untuk membimbing siswa kita yang siap kerja”, jelas Yusuf. Nazma Office merupakan perusahaan rintisan (start up) yang memberikan pelatihan desain grafis sehingga diharapkan dapat memberikan bekal kepada siswa MAN 4 Sleman yang siap kerja.

Pada kegiatan inti, Dra. Hj. Ida Uswatun Hasanah, M.Pd. menyampaikan materi tentang Penyusunan perangkat pembelajaran, utamanya pembuatan RPP yang sesuai dengan IASP. Di awal kegiatan, Ida membagi peserta menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan kertas plano, kartu unsur RPP, gunting, dan selotip. Para guru antusias berdiskusi mengurutkan unsur RPP dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, metode card sort.

Setelah presentasi hasil diskusi, Ida menjelaskan secara rinci unsur-unsur RPP yang benar sesuai IASP. Peserta diberikan tugas kelompok sesuai rumpun mapel untuk membuat satu RPP yang benar untuk dipresentasikan pada pertemuan berikutnya. Diharapkan setelah kegiatan workshop ini, para guru dapat membuat RPP yang benar sesuai IASP sebagai persiapan akreditasi di tahun ini. “Akreditasi sekarang ini lebih menekankan kinerja, jadi silakan persiapkan produk-produk siswa dari hasil pembelajaran Bapak Ibu semua”, tegas Ida. (Nith)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button