News

Tingkatkan Minat Baca, MAN 4 Sleman Galakkan Program Gerakan Literasi

Sleman (MAN 4 Sleman) – Rendahnya minat membaca merupakan suatu hal yang menjadi keprihatinan kita bersama. Hal tersebut berujung pada kemampuan membaca dan menulis yang juga rendah. Dibutuhkan terobosan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui Gerakan Literasi di Madrasah.

Pada hari Senin (9/1/2023), MAN 4 Sleman memulai program Gerakan Literasi di madrasah. Program ini direncanakan setiap 2 minggu sekali setiap hari Senin pukul 07.00 – 07.55 WIB untuk kelas 10 dan 11. “Tujuan kita simple saja dulu, yang penting minat baca anak-anak MAN 4 Sleman tumbuh dulu,” ungkap Asri Widyawati, S.Pd., M.Si. selaku ketua panitia Program Gerakan Literasi.

Rencananya, akan diberikan tema yang berbeda di setiap pertemuannya. Untuk pertemuan perdana, diberikan tema yang ringan terlebih dahulu agar siswa tidak merasa illfeel di awal.  Siswa-siswi diminta membawa buku bacaan yang disukai yang ada di rumahnya. Bisa itu komik, cerpen, novel, tabloid, dan lain sebagainya.  Selain hardbook, siswa siswi juga bisa membaca melalui aplikasi atau melalui internet.  Setelah membaca bahan bacaan yang dibawa, mereka diberikan tugas untuk membuat synopsis atau komentar tentang apa yang baru saja mereka baca.

Respon positif hampir dijumpai di semua kelas. Para siswa dengan antusias membaca dan menuangkan hasil bacaan mereka di kertas folio. Melalui kegiatan literasi, diharapkan minat membaca siswa siswi MAN 4 Sleman akan semakin tumbuh. Pada akhirnya, diharapkan kemampuan membaca dan menulis akan meningkat ketika membaca dan menulis menjadi budaya dalam lingkungan madrasah. (Nith)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button