Area 1 – Manajemen Perubahan

Bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir (mind set), serta budaya kerja (culture set) individu pada satuan kerja yang dibangun, menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran pembangunan Zona Integritas. Target yang ingin dicapai melalui program ini adalah:

  1. Meningkatnya komitmen seluruh jajaran pimpinan dan anggota satuan kerja dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM.
  2. Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja pada Satker yang diusulkan sebagai Zona Integritas menuju WBK/WBBM.
  3. Menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan

Manajemen perubahan bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir atau mindset serta budaya kerja. Untuk mendorongnya pembangunan inovasi dengan dibentuknya Tim kerja, serta dilakukan pemantauan dan evaluasi capaian pembangunan ZI.

Penyusunan rencana pembangunan oleh tim kerja terdiri atas rencana aksi dan capaian target yang menjadi sasaran pemantauan dan evaluasi capaian hasil pembangunan ZI dilakukan dalam rangka menilai perkembangan pelaksanaan secara berkala bulan, triwulan, semester guna meminimalkan resiko yang dihadapi dan melakukan perbaikan atas masalah yang dihadapi sesuai rekomendasi pimpinan

Perubahan pola pikir dan budaya kerja dilakukan dengan cara pimpinan yang berperan menjadi contoh atau tauladan bagi anggotanya. menetapkan agen perubahan membangun budaya kerja dan pola pikir serta keterlibatan seluruh anggota dalam pembangunan ZI.

No Indikator
1. Standar Pelayanan
 a.Terdapat kebijakan standar pelayanan
 b.Standar pelayanan telah dimaklumatkan
 c.Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan
 d.Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP
2. Budaya Pelayanan Prima
 a.Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima
 b.Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media
 c.Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar
 d.Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi
 e.Terdapat inovasi pelayanan
3. Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan
 a.Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
 b.Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka
 c.Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat