Area 2 – Penataan Tatalaksana
Bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur pada ZI menuju WBK/WBBM. Target yang ingin dicapai pada masing-masing program ini adalah:
- Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pada satuan kerja.
- Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pada satuan kerja.
- Meningkatnya kinerja pada satuan kerja.
Pada Area ini telah dilakukan peningkatan efesiensi dan efektifitas system, proses, prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien dan terukur.
Penggunaan teknologi informasi menjadi conditio sine qua non (syarat mutlak) bagi terwujudnya peningkatan efisiensi dan efektifitas proses manajemen, sehingga berdampak pada peningkatan kinerja.
Oleh karena itu untuk menerapkan penataan tatalaksana, telah dibuat SOP yang mengacu pada peta bisnis proses (penyusunan SOP, penerapan SOP dan evaluasi/perbaikan SOP) dalam upaya peningkatan kinerja dan kualitas kerja.
No | Indikator | |
1. | Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama | |
a. | Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi | |
b. | Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan | |
c. | Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi | |
2. | E-Office | |
a. | Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi? | |
b. | Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi? | |
c. | Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi? | |
d. | Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik? | |
3. | Keterbukaan Informasi Publik | |
a. | Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan | |
b. | Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik |