Area 6 – Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Target yang ingin dicapai melalui program peningkatan kualitas pelayanan publik ini adalah:

  1. Meningkatnya kualitas pelayanan publik (lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan lebih mudah dijangkau).
  2. Meningkatnya jumlah unit pelayanan yang memperoleh standardisasi pelayanan internasional.
  3. Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

Pada Area ini telah dilakukan peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai harapan masyarakat. Hal mana telah diterapkan melalui:

  1. Standar Pelayanan – Menetapkan SK standar pelayanan, maklumat pelayanan, menetapkan SOP pelayanan, dan PTSP.
  2. Budaya Pelayanan Prima
  3. Penilaian Terhadap Kepuasan Pelayanan –Madrasah melakukan survey kepuasan masyarakat (SKM)
NoIndikator
1.Standar Pelayanan
 a.Terdapat kebijakan standar pelayanan
 b.Standar pelayanan telah dimaklumatkan
 c.Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan
 d.Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP
2.Budaya Pelayanan Prima
 a.Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima
 b.Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media
 c.Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar
 d.Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi
 e.Terdapat inovasi pelayanan
3.Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayana
 a.Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
 b.Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka
 c.Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat